Wednesday, May 28, 2008

BRANGKAL

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.


Saat pertama kali baca judul nya g semua orang bisa mengerti apa maksudnya, bahkan tidak semuaorang juga mengerti apa itu BRANGKAL. bagi orang jawa ... pasti mengerti arti kata BRANGKAL ...
BRANGKAL adalah tanah yang digunain untuk dijadikan dasar dalam pembangunan sebuah rumah, pada dasarnya BRANGKAL ini hampir sama dengan sirtu .
satu hal yang menarik, karena jika terjemahkan dalam bahasa asli dan sesuai dengan konteks yang ada, BRANGKAL itu adalah seperti sampah yang g berguna ...
Apa menarik nya?
Teman saya mengeluh kalo dia belum punya pacar karena dia tidak berhargaidak seperti yang lain, yang punya kulit bagus, body seperti biola Perancis, dsb ... dan kecenderungan temen saya ini adalah dia tidak pernah menghargai tubuhnya sendiri, akibatnya teman-temannya satu kelas juga tidak menghargainya...
sungguh tragis nasibnya ...
namun, ada hal yang menarik yaitu BRANGKAL menurut orang tidak berguna, justru dalam pembangunan rumah, Brangkal sangat2 dicari selain harga nya ekonomis, mudah didapatkan? apa hubunganya dengan temen saya itu?
Tuhan menciptakan segala sesuatu untuk kebaikan dan tidak ada sesuatu pun yang dia ciptakan tidak bernilai dan tidak bertujuan, BRANGKAL yang buruk pun memiliki peran yang penting, apa lagi manusia yang diciptakan Tuhan dengan keindahan dan kesempurnaan pemikiran, bagaimana mungkin orang dapat berkata "Apakah aku berharga?" jawabnya sangat sederhana "Engkau Berharga tanpa melihat kondisi apapun dalam hidup kamu"

No comments: