Friday, May 30, 2008

Cepat Versus Tepat

Cepat Versus Tepat


Dunia ini mengenal satuan waktu, mulai dari jam, menit, detik sampai satuan waktu yang sangat cepat, misalkan: millisecond, nanosecond bahkan perbedaan dari 1/1000 detik itu juga sangat berpengaruh, contoh pada F1 dimana jika selisih 1/1000 bisa membedakan juara pertama dan juara kedua.
Suatu kali saya merenungkan apa yang telah saya lakukan, apakah ini terlalu Cepat atau emang udah tepat?
Saya ingat tentang pengalaman saat jalan di jalan raya, Saya ingat waktu itu saya sedang berjalan dengan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang tinggi dan “pas” saat itu Lampu di perempatan di depan saya hijau dan akhirnya saya dapat melanjutkan perjalanan dengan lancar tanpa harus berhenti di traffic light. Ya mungkin kecepatan saat itu hingg 80 km/jam.
Mari kita analisis:
Skenario 1: Jika saya mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang lebih dari 80 km/jam, ya mungkin kita misalkan 100 km/jam maka sangat bisa dipastikan ketika saya tiba di traffic light pasti saya harus berhenti Karena lampu menunjukkan warna merah.
Skenario 2: Jika saya mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang lebih lambat dari 80 km/jam, ya mungkin kita misalkan 60 km/jam maka bisa dipastikan ketika tiba di traffic light saya akan berhenti karena Lampu hijau sudah berganti menjadi warna merah.
Ya seperti itulah hasilnya jika Skenario 1: adalah Terlalu cepat dan Skenario 2: adalah terlambat. Kita manusia memiliki waktu yang sudah ditetapkan oleh Tuhan. Tuhan memiliki waktu yang mungkin tidak sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Jadi percayalah bahwa Pengkhotbah 3:11 akan digenapa, semua nya akan indah pada waktu nya.

”Walaupun tampaknya baik, jika sesuatu yang cepat akan menjadi petaka / keburukan bagi kita ”
”Tepat itu tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat”


Cepat: -- terjadi sebelum seharusnya terjadi
-- lebih awal dari perkiraan
-- belum saat nya

Tepat: -- Terjadi saat seharusnya terjadi
-- Sesuai perkiraan
-- Sudah saat nya namun, tidak terlambat

No comments: