Thursday, September 25, 2008

24 Sep 2008, ruang seminar

Tanggal 24 September 2008, tepatnya di ruang seminar Lt.2 Kampus Unisbank lain dari hari-hari sebelumnya. Acara yang bertajuk Intel Goes to Campus ini akhirnya datag juga ke kampus Unisbank. Setelah beberapa hari sebelumnya juga sudah menyambangi beberapa perguruan tinggi di Semarang dan Sekolah Kejuruan yang ada di Semarang.
Antusiasme para mahasiswa terlihat dengan penuhnya ruang seminar yang ada, hamper terlihat tidak ada bangku kosong. Tidak hanya untuk mahasiswa, terlihat beberapa petugas puslab juga hadir.
Acara dimulai pukul 09.00 dibuka oleh dekan Fakultas Teknologi Unisbank, dan disusul sambutan dari Intel Indonesia. Dari pihak Universitas menjelaskan bahwa acara ini untuk membuat para mahasiswa terus mengikuti perkembangan teknologi dan sebagai perbandingan antara yang didapat dibangku kuliah dengan praktik yang ada.
Pembicara pertama dari pihak Axioo Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Gita Surya. Pembawaan yang ada pada beliau sangat menarik, dengan gaya yang khas dan berjiwa anak muda.
Dipaparkan ada Fokus Membangun Kecakapan Abad 21 yang didapat dari arahan badan PBB, Unicef.. yaitu antara lain :
  1. Melek Teknologi dan Media
  2. Komunikasi Efektif
  3. Pemikiran Kritis
  4. Pemecahan Masalah
  5. Kolaborasi
Beliau juga menyampaikan kedaan kebutuhan pekerja IT dan persediaan atau lulusan dari perguruan tinggi yang seharusnya langsung terserap mengingat begitu banyak nya kebutuhan akan pekerja IT. Tapi melihat kenyataan saat ini, banyak yang setelah lulus kuliah IT tidak bekerja alias Nganggur … beliau hanya berpesan kepada kami untuk jangan menjadi mahasiswa yang medioker (Ordinary) sehingga ada banyak orang yang memiliki kemampuan yang sama. Sehingga membuat perbedaan adalah harga mati untuk dapat memasuki dunia kerja di bidang IT.
Dunia saat ini sedang terus bergerak dan akan terus bergerak, sehngga muncul trend-trend baru yang ada di pasar, khususnya Laptop/notebook. Saat ini trend dari notebook saat ini adalah
  1. Lifestyle, Colorful, Lighter, Slimmer, Segmented
  2. Platform Intel Centrino
  3. Wifi
  4. Intel Core Duo
Trend saat ini adalah diluncurkan nya sebuah processor yang berukuran hanya 45 nanometer, yang ukuran ini setara dengan bakteri. Kami juga menerima penjelasa yang sangat menarik tentang cara kerja dan karakteristik dari tiap-tiap Processor. Antara lain Processor yang sudah banyak ada dipasaran yaitu Single core. Walaupun Single core ini sudah banyak yang menggunakan (kita mengenal Pentium I sampai Pentium IV) processor seperti ini sudah ketinggal dan dari Produsen sendiri digantikan dengan Processor Dual Core seperti Processor Intel Core Duo, Core 2 Duo. Dan yang paling baru di keluarga Processor Intel adalah kehadiran processor Core 2 Quad yang memiliki 4 Inti. Processor ini dikalaim sebagai processor paling cepat dan hemat dari segi penggunaan listrik atau energi. Hanya sebuah prediksi, mungkin setelah Core 2 quad akan ada processor dengan jenis baru dengan karakteristik yang lebih, yaitu gabungan dari teknologi dari Core 2 Quad dan Hyper Treading.
Tidak hanya berbicara masalah processor, disinggung pula soal tips-tips membeli sebuah laptop, yaitu:
  1. Harga yang realistis
  2. Ada Service center yang terdekat
  3. Ada garansi
  4. mudah untuk di up-grade
  5. Tersedianya Spare-Part
Setelah diawali dengan baik oleh Bp. Gita Surya dari Axioo Indonesia, dilanjutkan dari pihak Intel Indonesia yang diwakili oleh Bp. Sulistyo Dwi Nugroho yang akan menyampaikan Intel® Platform Administration Technology 3.1.5
Intel® Platform Administration Technology 3.1.5b adalah sebuah software intel untuk menyampaikan/kirim paket data untuk client dari server (source) dengan memanfaatkan kemampuan server. IPAT ini menyediakan fungsi yang dapat membantu petugas IT untuk menjadga sistem agar tetap bersih dan stabil dengan efisiensi yang tinggi.
Tidak hanya dengan ceramah tapi juga praktik secara langsung. Secara garis besar, Program Ini sangat lah memabntu jika kita akan men-setup computer secara bersama-sama. banyak kelebihan-kelebihan yang diberikan, seperti dapat mematikan/menghidupkan Komputer secara langsung di Server, Dapat membenahi segala kerusakan yang ada (Memberikan fungsi seperti Deep Frezy), jika ada kesulitan dapat menghubungi administrator layaknya melakukan percakapan VoIP, dapat meng-Instal Program secara bersama-sama.
Sebuah pertunjukan pun dimulai, ada 8 PC yang dibawa 1 Sebagai Server, 1 Sebagai Golden PC (computer yang dipakai sebagai sumber dalam pembuatan image maupun paket yang di control oleh server utama), 6 PC yang lain sebagai Klien. Beberapa mahasiswa pun diundang untuk maju ke depan untuk ‘merusak’ Program yang ada, khusus nya Program Sistem Operasi nya, dan terlihat beberapa PC sudah rusak sistem Operasi nya. Dan setelah waktu yang diberikan habis untuk ‘merusak’ sistem operasi nya, dengan sigap Program aplikasi bawaan Intel langsung melakukan pembenahan yang hanya beberapa menit. Kemarin tercatat hanya 4 menit untuk membenahi semua PC yang rusak sistem operasi nya.
Yang lebih menarik tentu nya adalah karena Program yang Intel® Platform Administration Technology 3.1.5 adalah Free alias tidak berbayar sebagai bawaan dari Platform, dan Processor resmi dari Intel.

No comments: